PAKAIAN BAGI WANITA MUSLIMAH
I. PENDAHULUAN
Wanita adalah jenis manusia seperti halnya jenis manusia lelaki-lelaki pada umunya, akan tetapi secara biologis ada sedikit perbedaan yang sangat menonjol yang terletak pada kelaminya.
Jilbaba adalah salah satu pakaian sebagai alat untuk penutup aurat bagi kaum wanita, bahwa wanita yang mengikuti norma-norma atau peraturang agama dengan sungguh- sungguh nantinya diharapkan dapat menata hidupnya sesuai dengan norma-norma Islam, lebih dalam soal pakaian atau jilbab.
Dalam makalah ini kami akan membahaskan tentang batasan aurat, pakaian jilbab pentingnya bagi seorang wanita muslimat.
II. PEMBAHASAN
A. Pengertian Aurat dan Batasan- Batasannya Bagi Wanita Muslimat
Aurat ialah perkara aib atau keaiban dan jika dikaitkan dengan bahagian badan lelaki dan wanita adalah bermaksud bahagian badan yang dianggap tidak baik dan memalukan jika didedahkan kepada umum seperti kemaluan dan dubur[1]. Sesetengah ulama menganggap aurat itu ada dua jenis, iaitu aurat berat (mughallazah) dan aurat ringan (mukhaffafah)[2]. Aurat berat itu bagi lelaki dan wanita seperti yang disepakati ulama ialah kemaluan dan dubur. Sedangkan aurat ringan pula ialah selain kemaluan dan dubur bagi lelaki dan selain unjuran atau hujung badan seperti kepala, tangan dan kaki bagi wanita. Jika seorang lelaki atau wanita mengerjakan sembahyang dalam keadaan mendedahkan apa yang dianggap aurat berat, sembahyang mereka dianggap batal dan wajib diulangi. Sebaliknya, jika aurat ringan lelaki dan wanita terdedah ketika mereka sedang mengerjakan sembahyang, tidak wajib diulanginya kerana sembahyang mereka dianggap sah. Bagaimanapun, ia dianggap harus diulangi, kata ulama-ulama itu.
Perbincangan secara terperinci berhubung isu ini berdasarkan kepada pandangan pelbagai mazhab akan menyusul di bawah. Jika merujuk kepada nas daripada al-Quran dan hadis, kita akan dapati bahawa tidak semua perkataan aurat bermaksud kemaluan, dubur dan bahagian-bahagian badan lain yang haram diperlihatkan. Dalam al-Quran aurat disebut sebanyak tiga kali dan membawa erti yang berbeza antara satu sama lain. Dalam ayat 31 daripada surah an-Nur disebut perkataan aurat yang bermaksud aurat wanita yang merupakan kemaluan, dubur dan bahagian-bahagian badan yang lain. Dalam hadis, perkataan aurat mempunyai maksud yang lebih luas. Selain aurat yang bermaksud bahagian-bahagian badan yang haram, makruh dan harus memperlihatkannya, ia juga bermaksud keaiban, perbuatan tidak baik dan dosa secara keseluruhannya.
B. Pendapat Ulama Mazhab Fikih Tentang Batasamn Aurat Bagi Wanita
Sebenarnya ulama tidak berbeda pendapat mengenai hukum wajib menutup aurat bagi lelaki dan wanita. Cuma mereka berbeda mengenai bahagian badan yang dianggap aurat pada lelaki dan wanita itu. Ibn al-Arabi dalam Bidayatul Mujtahid berkata, para ulama bersepakat bahawa menutup aurat itu adalah wajib secara mutlak. Demikian juga mereka berbeda pandangan tentang batasan aurat bagi lelaki dan wanita.
Bagaimanapun, Mazhab Imam Malik (Mazhab Maliki) menutup aurat itu tergolong daripada sunat sembahyang. Sedangkan Mazhab Imam Abu Hanifah (Mazhab Hanafi) dan Mazhab Imam Syafi'e (Mazhab Syafi'e) menganggap menutup aurat tergolong daripada perkara wajib sembahyang.[3]
Perbedaan ulama mengenai batasan aurat wanita dapat dilihat dengan jelas dalam mazhab-mazhab berikut.[4]
Mazhab Syafi'e: berpendapat Batasan aurat wanita ialah seluruh badan bagi wanita bebas kecuali muka, dua tapak tangan di bahagian atas dan bahagian bawahnya.
Mazhab Hanafi: Wanita pendapat bahwa kedua telapak kaki, wajah dan kedua telapak tangan tidak termasuk aurat. Batas aurat wanita bebas pula pada mazhab ini ialah seluruh badan kecuali dua tapak tangan dan ini tidak termasuk bahagian atas tapak tangan. Dua tapak kaki wanita bebas juga tidak dianggap aurat, iaitu bahagian atasnya.
Mazhab Hanbali: dalam pendapat terkuat dan digunapakai oleh kebanyakan pengikut mazhab itu pada hari ini membataskan bahagian-bahagian badan yang dianggap aurat pada wanita sama seperti Mazhab Syafi'e kecuali muka wanita yang dianggap aurat.
Mazhab Maliki: pula membagikan aurat wanita kepada dua bahagian. Pertama, aurat berat (mughallazah) dan aurat ringan (mukhaffafah). Aurat berat, wanita bebas pula ialah seluruh badan kecuali unjuran badan dan dada. Unjuran badan itu ialah anggota bahagian hujung badan seperti tangan, kepala dan kaki. Semua unjuran badan itu tidak dianggap aurat berat ketika sembahyang. Mazhab Maliki pula membataskan apa yang dianggap aurat ringan pada wanita bebas itu termasuk dada, lengan, leher, kepala dan kaki. Sedangkan muka dan dua tapak tangan tidak dianggap aurat langsung pada mazhab ini.[5]
Namun berbeda dengan pakaian dan perhiasan yang merupakan pertanda dari peraban dan kemajuan, dan tidak mengindahkannya berarti kembali kehewaniah atau hidup masa purba/primitif. Kehidupan terus berkembang maju sesuai dengan tabiatnya. Ia tiadak akan mendapatkan surut kebelakang kecuali jika terjadi kemuduran pikiran dan perubahan akal. Maka pakaian merupakan suatu keharusan bagi orang yang berkemajuan,dan bagi perampuan tentulah lebih menunjol[6]. Karena pakainnya dapat menjaga kehormatannya, agamanya, kemuliaannya, kepekaannya terhadap hal-hal yang kurang sopan dan rasa malunya.
Sifat-sifat ini lebih patut melekat pada perampuan dari pada laki-laki. Karena menjaga kesopanan adalah lebih utama dan berhak bagi perampuan. Kekayaan yang paling tinggi bagi perampuan ialah keutamaan, rasa malu, dan peka terhadap hal-hal yang menyalahi kesopanan. Menjaga dengan baik sifat-sifat utama ini berarti menjaga kemanusiaan perampuan seluhur-luhurnya. Apalagi dorongan sex perampuan pada umumnya lebih kuat dari pada laki-laki. Dan terbuangnya sifat-sifat utam di atas berarti membuka jalan buruk bagi dorongan serta melepaskanya dari kendalinya. Karena itu diadakanlah batasan dan ikatan di hadapannya guna mengurangi kekerasan dan memadamkannyala sexnya, serta mendidikannya sesuai dengan manusia dan martabatnya.[7] Oleh karena inilah maka islam secara khusus memperhatikan pakain perampuan dan dengan cara terperinci Al-Qur'an menjelaskan batas-batas pakain perampuan.
C. Perintah Mengenakan Pakaian Yang Menutupi Aurat Dalam Al-Qur'an
يأيها النبي قل لازواجك وبنتك ونساء ا لمؤ منين يد نين عليهن من جلابيبهن ذلك اد ني ان يعرفن فلا يؤذين وكا ن الله غفرا رحيماز ( الاحزاب 59)
Artinya: hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istri mu, dan anak-anak perampuan mu, dan para wanita yang beriman, supaya mereka menutup tubuhnya dengan jilbab, yang demikian itu supaya mereka lebih kenal, maka merekapun tidak diganggu oeh tangan-tangan jail. Dan Allah itu maha pengam pun lagi maha penyayang[8]
Ditunjukannya firman tersebut kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam, istri-istri dan putri-putri beliau serta istri-isrei orang mukmin menunjukkan bahwa seluruh wanita muslimah dituntut menjalankan perintah ini tanpa ada pengucualikan sama sekali.[9]
Al-Qur'an menangani masalah ini begitu seriusnya dan penjelasannya begitu perinci sehingga diterangkan yang mana halal dibuka dan yang mana yang halal yang wajib ditutup.[10]

Artinya; Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.( An-Nur:31)
D. Perintah Mengenakan Pakain Yang Menutup Aurat Dalam As- Sunnah.[11]
Islam memberikan perhatian yang sangat besar terhadap masalah ini, sejak dini islam telah memberi batasan usia seorang wanita dalam menutup aurat. Mengenai hal ini Nabi. S. A.W. bersabda
يا أسمأ إنالمرأة إذا بلغلت المحيض لم تصلح أن يري منها إلا هذا وهذا وأ شارإلي وجهه وكفيه.( راوه أبو داود)
Artinya: wahai asma' jika seseorang wanita telah menjalankan haid, maka tidak diperbolehkan baginya dilihat kecuali ini dan ini.' Beliau mengisyaratkan wajah dan kedua telapak tangan.(HR. Abu Daud )
صنفا ن من أهل النار لم أرهما قوم معهم سيط كأذناب البقر يضربون بها الناس ونسأ كاسيات عاريات مميلات مإاتت رأوسهن كأسنمة البخت الماإلة لا يدخلن الجنة ولا يجدن ريحها وإن ريحها ليوجد من مسيرة كذا وكذاز(رواه مسلم)
Artinya: Ada dua kelompak penghuni neraka yang belum pernah aku melihatnya, yaitu: suatu kaumnya yang bersamanya cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk mencabuk orang-orang, dan wanita-wanita berpakain tetapi telanjang, genit, kepalanya seperti punuk unta yang miring, mereka tidak akan masuk surga, tidak juga mencium bau surga, sesungguhnya bau surga tercium dari jarak ini dan itu.(HR. Muslim)
Yang dimaksudkan jilbab dalam surat al-ahzab diatas itu adalah, ber pakain luas lapang maksudnya pakain yang luas dapat menutupi bahagian anggota tubuh seorang wanita (aurat)nya, kecuali muka(wajah) dan kedua telapak tangan sampai pergelangan tangan saja yang boleh ditampakan.[12] Memang wanita dengan jilbab sudah jadi peraturan Allah, bahwa busana jilbab itu dikhususkan bagi wanita muslimat, wanita mukminat, baik itu cantik ataupun jelek, tidak pandang bulu dan bangsawan , apakah itu keturunan, atau rakyat jelata, yang hidup di perdesaan.
Akan tetapi terhadap wanita-wanita yang sudah lanjut usianya dimana dalam dirinya sudah tidak ada lagi untuk kawin, atau anak-anak perampuan yang masih kecil, tidaklah ditekankan bagi mereka untuk memakai jilbab. Hal ini bukan hanya mereka boleh menampakan aurat semuanya, hanya sebagian atas kepala, lehernya.Dalam firman Allah dalm surat an-nur ayat 60.
والقوعد من النسإ اللا تي لا يرجون نكاحا فليس عليهن جناح ان يضعن ثيابهن غير متبرجات بزينة وان يستعففن خير لهن ( النور 60)
Artinya : Dan wanita-wanita yang sudah tua dan tidak mengharapkan perkawinan lagi, tiada salahnya mereka meninggalkan pakain (luar) dengan tidak nampak perhiasannya,tetapi berlaku sopan itu lebih baik bagi mereka. Dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui
Wanita muslimat, mukminat dari kalangan manapun dianjurkan untuk memaki jilbab, sebab itu sudah menjadi ketetapan dan anjuran Allah sebagaimana yang dimaksud dalam suratnya al-ahzab ayat 59. disamping itu juga wanita itu adalah aurat, yakni seluruh tubuhnya mengandung aurat yang mana aurat itu harus senantiasa ditutupi, kecuali bahagian muka dan kedua tapak tangan hinga pergelangan yang tidak munkin ditutupi.[13]
Ada suatu riwayat bahwa rasululla SAW. Bersabda: perampuan itu adalah aurat, maka apabila dia keluar dari rumah setanpun akan berdiri tegak.( HR. Tarmizi). Akan tetapi pada laki-laki dari pusat sampai lutut. Selain itu boleh ditampakan. Misalnya saudara laki-laki yang memperlihatkan betisnya itu tidak apa-apa, karena bukan termasuk aurat; dan tidaklah merangsang bagi perampuan yang melihatnya.
Dengan demikian cara berbusana sama halnya dalam shalat? Apakah tidak boleh pakaian selain itu, asalkan syarat-syarat terpenuhi, yakni wajah dan telapak tangan saja yang terlihat, misalnya memakai celana panjang dengan baju kudung. Namun ada beberapa hadist yang menghendaki busana bagi wanita lebih sedikit terbuka,tapi tidak terlalu ketat. [14]
Mengenai pakaian jilbab ini terdapat beberapa syarat yang tantunya jilbab itu tidak sah, yaitu:[15]
1. jilbab itu harus menutupi seluruh badan kecuali wajah dan dua telapak tangan, yang di kenakan ketika memberikan kesaksian maupun shalat.
2. jilbab itu bukan dimaksud hiasan bagi dirinya, sehingga tidak diperolehkan memakai kain yang berwarna mencolok, atau kain yang penuh gambar dan hiasan
3. jilbab itu harus lapang dan tidak sempit seihingga tidak menggambarkan postur tubuhnya
4. jilbab itu tidak memperlihat sedikitpun bagi kaki wanita.
5. jilbab yang dikenakan, tidak boleh sobek sehingga menampakan bahagian tubuh atau perhiasan wanita. Dan juga tidak boleh menyerupai pakaian laki-laki.
6. jilbab atau pakain wanita itu, tidak diperoleh memakai pakain tipis. Yang mana sudah kami paparkan dalam hadis di atas, yaitu wanita yang berpakain tetapi telanjang.
7. pakain wanita itu tidak boleh menjulurkan anggota badannya.
Dengan syarat jilbab itu sendiri, tentunya siapa yang diantara kaum wanita muslimah yang menginginkan kedudukan yang terhormat, bagi mulia di sisi Allah, serta tdak diganggu oleh laki-laki yang berhidung belang, maka tanam kanlah rasa taqwa kepada allah, tebalkan rasa iman kepada allah dengan menjalankan semua printahnya, di samping itu pakain sehari-hari [16]ketika kamu keluar rumah, yakni dengan memakai pakain kehormatan( jilbab). Dengan berbusana jilbab ketika kita berada di luar rumah.
Dalam budaya hijab keislaman, manusia menduduki posisi yang sangat bermartabat dan mulia di mana jasanya terbuat dari tanah lempung mendapat tiup ruhnya, sehingga menjadikan dan memiliki potensi fitrah dan karakteristik ialah yang di butuhakan untuk menempuh tahap-tahap perjalanan menuju kesempurnaan. Islam menyakini bahwa sang pencipta manusia dan alam semesta ini, dalam upaya mengatur urusan-urusan manusia dan masyarakat, telah diciptakan laki-laki dan perampuan dalam dua bentuk yang berbeda serta telah memberi peran dasar kemasyarakatan yang berbeda pula kepada masing-masing. Dalam sistem budaya interlektual ini, jilbab memiliki sejumlah makna. Hijab di maksudkan untuk melindungi dan menyelubungi bahagian-bahagian tubuh yang sensitif dan menarik perhatian,serta mengontrol daya tarik seksual kaum wanita yang tidak pantas dipertontonkan di tengah kehidupan masyarakat. Islam memposisikan kaum laki-laki wanita di atas basis realitas yang ada dan hukum-hukum yang mengatur ekstensi manusia.[17]
Jilbab dikatakan pula sebagai hak bagi wanita, bukan sekadar kewajiban, mengingat jilbab bersesuaian dengan kepetingan dasariah kaum wanita yang meliput:aspek spiritual, sosial, idelogis, kemanusiaan dan interlaktual. Bukan persoalan remeh atau di remehkan seperti tampilan fisik , hidup agar traditional . bila dihubungkan dengan persoalan yang disebut belakangan, maka jilbab tak ubahnya alat kecantikan atau setidaknya kebiasaan belaka.[18]
Spritualitas, nilai-nilai sosial dan kemanusian serta interlaktual merupakan titik temu perbedaan gender. Sederhana saja, pada level kemanusian, misalnya, identitas laki-laki maupun perampuan menjadi lebur tidak bermakna, sebab nilai kemanusia yang bersifat universal dan bebas dari ciri-ciri lokal atau personalitas merupakan eksistensi yang sama di miliki, baik perampuan maupun laki-laki.[19]
Sedangkan hal-hal yang diperbolehkan melihatkan aurat perampuan, disini ulama bersepakat bahwa diperbolehkan memperlihatkan aurat prempuan itu hanya diwaktu Dharurat saja yaitu:[20]
- Diperoleh melihat aurat perampuan dikarenakan untuk mengobati penyakit. Dalam hal ini dengan syaratnya tidak ada dokter prempuan, maka diperolehkan dokter lelaki dengan syarat bersama Muhrimnya atau suaminya.
- Diperolehkan melihatkan aurat perampuan, dikaranakan untuk menyaksikan kebenaran.
III. KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas kami bisa buat simpulan bahwa aurat merukan salah satu aib maka dengan jilbab, inilah satu pakain untuk menutupinya, bagi wanita muslimah dan merupakan pakain jati diri bagi perampuan muslimah, Dan merupakan alat untuk melidungi bahaya dari orang fasik. Walau bagaimanapun jilbab itu harus memenuh syarat-syarat yang tercangtung diatas tadi.
IV. PENUTUP
Demikianlah makalah kami, dan menyadari bahwa masih banyak ada kekurangan dari makalah ini yang perlu bantuan dari pembaca, yaitu merupaka kritik dan saran sepaya untuk membina. Terimakasih, Wassalam. Wb.
DAFTAR PERPUSTAKAAN
Achmand Sunarto, Himpunan Hadist Shahih Bukhari, SK, Jakarta, 2000
Astora Jabat, Aurat mughallazah dan mukhaffafah pada wanita, www. Google.com, Malaysia 27 Mei 2001
Baidlowi Syamsuri, Wanita Dan Jilbab, CV. Anugrah, Surabaya, 2002
Fatchur Rochman, 160 Hukum Al-Qur’an, Apolo. Surabaya, 1993
Ibn al-Arabi, Bidayatul Mujtahid, Jilid 1,(tanpa tahun)
Sayyid Sabiq, Fikih Sunnah, Al- Ma'arif, Bandung,1990
Sulaimanrasjid, Fiqh Islam, Attahriyah,Jakarta, 1976
Syikh Kamail M. Uwaidah, Fikih Wanita, Al-Kausar, Cet, 1, Jakarta, 1998
Zahra Rahnaward, Pesan Pemberontakan Hijab Jerit Hati Wanita Muslimah,
Cahaya, Bogor,2003
[1]Astora Jabat, Aurat mughallazah dan mukhaffafah pada wanita, www. Google.com, Malaysia 27 Mei 2001
[2] Ibid, 27 mei 2001
[3] Ibn al-Arabi, Bidayatul Mujtahid, Jilid 1,tanpa tahun, hlm. 521
[4] Ibd, hlm. 523
[5] Ibd,hlm.523
[6] Sayyid Sabiq, Fikih Sunnah, Al- Ma'arif, Bandung,1990, hlm.134
[7] Ibid, hlm.135
[8] Drs. Fatchur Rochman, 160 Hukum Al-Qur’an, Apolo.
[9] Syikh Kamail M. Uwaidah, Fikih Wanita, Al-Kausar, Cet, 1, Jakarta, 1998, hlm. 655
[10] Ibid, hlm.656
[11] Sayyid Sabiq, Opcit., hlm, 136
[12] Baidlowi Syamsuri, Wanita Dan Jilbab, CV. Anugrah,
[13] [13] Baidlowi Syamsur., opcit, hlm.164
[14] Achmand Sunarto, Himpunan Hadist Shahih Bukhari, SK,
[15] Syikh Kamail M. Uwaidah, Opcit, hlm. 658
[16] Sulaimanrasjid, Fiqh Islam, Attahriyah,
[17] Zahra Rahnaward, Pesan Pemberontakan Hijab Jerit Hati Wanita Muslimah, Cahaya,
[18] Ibid. hlm. 35
[19] Ibid. hlm. 41
[20] Syikh Kamail M. Uwaidah, Opcit, hlm. 661
Tidak ada komentar:
Posting Komentar